Mengenal Ciri-Ciri Kelinci Pedaging Ras Flemish Giant (FG)

Mengenal Ciri-Ciri Kelinci Pedaging Ras Flemish Giant (FG)-Bagi kawan-kawan yang mau beternak kelinci pedaging, memang seharusnya memilih kelinci tipe pedaging. Jangan sampai salah pilih kelinci hias tipe rex atau jenis kelinci hias lainnya. Soalnya kelinci hias jarang ada yang dapat mencapai bobot maksimal dan perkembangannya sangatlah lambat. Sedangkan kelinci pedaging haruslah yang mempunyai bobot besar, masa perkawinannya harus cepat serta cepat panen pula. 


Memang umur kelinci pedaging tidak bisa disamakan dengan umur ayam potong atau ayam pedaging yang bisa panen 30-40 hari, namun untuk kelinci bisa kita pacu pertumbuhannya agar cepat panen dan menghasilkan bobot yang sesuai harapan kita. 

Oleh karena itu, pemilihan jenis kelinci pedaging sangatlah penting. Di indonesia, ada 3 jenis kelinci pedaging yang biasa dibudidayakan atau diternakkan pada peternakan kelinci, salah satu diantaranya adalah kelinci jenis Flemish Giant (FG)

Kelinci Pedaging Jenis Flemish Giant (FG) 
 
Kelinci Pedaging jenis Flemish Giant (FG) ini sebenarnya berasal dari negara Belgia, tepatnya di wilayah yang bernama Flanders. Awalnya, kelinci ini diternak untuk diambil daging serta bulunya. Hal ini dikarenakan kelinci Flemish Giant ini ukurannya memang luar biasa, lebih besar dari kebanyakan kelinci lainnya. Hingga saat ini, kelinci ras ini sangat disenangi peternak kelinci. Ini dikarenakan kualitas bulu serta daging kelinci jenis ini sangatlah istimewa. Selain diternak untuk dijadikan kelinci pedaging, ternyata kelinci ini juga diternak untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah lho. sifat kelinci ini yang lamban dan jinak sangatlah disukai oleh anak-anak dan remaja putri. 

Bagi anda para peternak kelinci pemula yang ingin belajar ternak kelinci ras Flemish Giant ini namun belum bisa menentukan ciri-ciri kelinci Flemish Giant ini, anda dapat menyimaknya dibawah ini : 



5 Ciri-Ciri Kelinci Flemish Giant

  1. Panjang badan kelinci Giant Flemish dewasa sekitar 20 inch, atau sekitar ½ meter.
  2. Kepala kelinci Giant Flemish ini lumayan besar dan lebar, mempunyai telinga yang panjang dan tebal. Sekitar 15 cm yang berdiri ke atas. Selain itu, kaki-kakinya terlihat besar, panjang dan lebih kokoh. 
  3. Bulu Kelinci Ras Flemis Giant ini hanya memiliki 1 warna solid, hitam, coklat, kuning muda, biru, abuabu, dan putih. Tidak ada kelinci ras ini yang mempunyai 2 warna pada bulunya, misalnya putih kombinasi kuning muda. 
  4. Berat kelinci ras Flemish Giant ini minimal 6 kg, dan dapat mencapai berat maksimal 12 kg. oleh karena itu, para peternak kelinci sangat menginginkan kelinci ini untuk diternak sebagai bahan ternakan kelinci pedaging. 
  5. Umur matang birahi jenis kelinci flemish Giant ini saat sudah berusia 10-12 bulan, saat itulah kelinci ini sudah bisa dikawinkan.

Demikian artikel mengenai Kelinci Pedaging Ras Flemish Giant. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang ingin belajar beternak kelinci.
Bila anda ingin ternak kelinci serta mencari aksesoris kelinci, kami siap membantu anda. Hubungi nomor kami yang tertera di bawah. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: